my life is not based on a history, but based on my imagination...hoping for repeating history is an useless thing, it just becomes a life's experience, although there is a bitter and the sweet one...it'll be the best teacher for me...
16 Desember 2011 - 0 komentar

baik? buruk? so?

menurutku manusia itu hanya memiliki satu sifat, yaitu manusiawi..tiada sifat lain dalam diri manusia itu sendiri, namun didalam manusiawi itu sendiri terpecah menjadi beberapa sifat yg akhirnya menimbulkan perbedaan antara satu manusia dan manusia yang lain..
sifat-sifat baik yang terdapat didalam diri seseorang, hanyalah bagian positif dari bagian sifat manusiawi itu sendiri...namun sifat-sifat buruk yang terdapat didalam diri seseorang, bukanlah bagian yang negatif, menurutku itu adalah nilai tambah dari sifat manusiawi..karena, sifat buruk tersebut merupakan anugerah yang kan jadikan seseorang untuk menjadi sempurna..maaf maksudku jadi lebih baik..
pernyataan akan manusia itu tak ada yang sempurna, mutlak aku benarkan. karena tak ada satupun manusia yang memiliki sifak baik didalam dirinya tanpa memiliki sedikit celah. sekecil-kecilnya celah pasti ada walaupun tak pernah terlihat.. hanya saja, bagaimana sikap manusia tersebut menanggapi celah yg ada didalam dirinya..
mengharapkan manusia tak bercelah itu bagaikan mengharapkan tiap hari adalah hari minggu..mustahil!
pasti akan ada hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat juga sabtu...sama seperti manusia, ada yg angkuh, baik, ramah, egois dan banyak lagi..bukan sifat yang terpenting didalam diri manusia, namun cara kita memandang dan menanggapi sifat manusia itu sendiri...
manusia akan dikatakan sebagai manusia baik, jika manusia itu dapat menerima dan mengakui akan perbedaan sifat serta tidak mencoba untuk merasisnya..
rasis, cemooh, kritik yang hanya bisa dilontarkan akan sifat manusia lain yg dianggap kurang, aku rasa itu tak ada gunanya...daripada berusaha untuk mencari kelemahan orang lain, mengapa tidak mencoba untuk sejenak berdiri didepan kaca...lihat apa yg terpampang didepan! apa kamu lebih baik dari orang-orang yg kamu cemooh? apakah kamu mahluk yg lebih sempurna dibandingkan mereka yg kamu anggap memiliki banyak kekurangan?
hidup itu bukan untuk diisi dengan mencemooh, mengkritik kekurangan orang lain...melainkan mencari nilai-nilai tersirat dari sifat buruk yg telah kita cemooh..dibalik sifat jelek itu, pasti ada maksud dan tujuan yang tlah tuhan rencanakan...bisa jadi hal yang kita anggap kekurangan di mata kita, merupakan anugerah terbesar yg tlah tuhan berikan untuknya...



16th December 2011
fisip lt1.. 13.02

0 komentar: